Sunday, February 21, 2010

It's seem like paradise "sempu IsLand"

Pulau Sempu???yupz...itu adalah hasil voting dari kita berempat, dengan heru si tukang kompor. ckck..yah akhirnya kita berempat (AaN, Juja, Heru,dan Eko) pun berangkat ke kota Malang dengan motor dan tanpa persiapan yang matang, hasilnya 2x ban bocor dan 1x pecah ban. Kami berangkat dari jogja siang hari pada tanggal 18 Agustus 2009, berbekal peta pulau jawa kami telusuri jalur utama jogja-surabaya melewati Solo, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kediri, Pare, dan sampailah kita di kota Malang pada Malam harinya....Malam itu kami beristirahat di tempat saudaranya juja di daerah stasiun Lawang, Malang Utara.
Perjalanan ke pulau Sempu kami mulai di pagi hari dengan jarak yang lumayan jauh sekitar 100km, membelah kota Malang dan di siang harinya kami sampai juga di pantai Sendang Biru. Disini kami harus mengurus beberapa perijinan agar diperbolehkan masuk ke pulau Sempu, karena pulau ini merupakan cagar alam, sehingga untuk masuknya harus ada ijin dari dinas kehutanan kota Surabaya..Namanya saja di Indonesia, jadi ya tetap saja bisa masuk asal ada "tambahannya". Kami kemudian bergabung dengan kelompok lain untuk naek kapal, karena biayanya cukup mahal kalau untuk berempat, idealnya untuk rombongan 10-15orang Rp 100rb per kapal/PP, jadi bisa lebih murah.. 

Peta Pulau Sempu (powered by Google Earth)

Pantai Sendang Biru

Teluk Semut

Tujuan kami ke pulau ini adalah penasaran dengan Segara Anakan, sehingga kami berlabuh di teluk Semut, dari tempat ini kita berjalan kurang lebih sekitar 2 jam. Perjalanan di pulau ini benar-benar amazing, karena pulau ini masih sangat alami tanpa ada campur tangan manusia. Segara Anakan merupakan danau kecil yang sedikit terhubung dengan laut melalui karang yang berlubang, sehingga airnya payau. Daerah ini sungguh indah, dengan air yang jernih dan pasir putihnya mampu menyihir siapapun yang datang ke tempat. 





amazing place





Karang Bolong


Segara Anakan

Objek di pulau Sempu ini tidak hanya di Segara Anakan saja, ada lagi Pantai Sepanjang I, II, dan Telaga Lele yang merupakan sumber air tawar di pulau ini dan merupakan tempat minum binatang liar. Jarak dari Segara Anakan ke pantai Sepanjang sekitar 1 jam jalan kaki, sedangkan ke Telaga Lele sekitar 7 jam, perlu diperhatikan bahwa untuk mencapai telaga Lele, jalan yang dilewati sangat rumit dan rawan untuk tersesat.
Karena waktu yang kami miliki cukup singkat, sehingga hanya bisa menikmati Segara Anakan selama sehari semalam saja, dan sore hari berikutnya kami keluar pulau dan kemudian kembali ke jogja melalui jalur selatan, dan sampai jogja di pagi sekitar jam 3...end

Posting by: Muslih Anwar


No comments: