Tuesday, July 27, 2010

Pacitan On Vacation (Gua Gong dan Pantai Klayar) 15 Maret 2009

Pacitan-"Kota 1001 Gua", itulah slogan pariwisata kota kabupaten yang paling barat di propinsi Jawa Timur. Memang cukup beralasan slogan itu di dengung-dengungkan, tidak sedikit gua di temukan di daerah ini yang mamang merupakan kawasan perbukitan kapur (Karts) dan sederet dengan bukit seribu Gunung Kidul. Tengok saja gua Gong-gua yang konon memiliki stalagtit dan talagmit yang sangat indah, selain itu juga ada gua tabuhan, yang tidak kalah menariknya...
Goa Gong
Berbekal dengan informasi yang cukup kami berempat akhirnya berangkat juga ke kabupaten Pacitan melalui Gunung Kidul dan Wonogiri. Diperlukan kurang lebih 4 jam perjalanan dengan motor untuk mencapai Gua Gong dari kota Jogjakarta.  Gua Gong berada di daerah Punung ini merupakan gua kapur yang sangat indah dan eksotik. Berikut adalah tangkapan kamera kami :

Perbatasan Jawa Tengah dengan jawa Timur

Tempat Parkir kawasan Goa Gong

Pintu masuk Gua Gong

Foto-foto narsis di dalam gua

Pantai Klayar
Setelah puas berputar2 di dalam gua, perjalanan kami pun berlanjut menuju selatan ke arah pantai yang masih sangat asri dan eksotik, yaitu pantai Klayar. Berbeda dengan pantai Teleng ria yang lebih dulu terkenal dan ramai, pantai ini masih sangat sepi. Kami sampai di pantai ini di sore hari ketika air laut mulai surut, sehingga banyak kerang yang bisa diambil untuk di masak.hehe
Setelah puas bermain di pasir putih dan menikmati keindahan sunset, kami akhirnya memutuskan untuk mendirikan tenda di pantai dan bermalam di sini. Malam hari di pantai memang benar2 sepi, di temani dengan suara debur ombak, kami mulai memasak makanan seadanya, beruntungnya saja di pantai ini ada aliran sungai kecil sehingga kami tidak perlu jauh2 mengambil air tawar untuk membuat kopi..hehe
Yang menarik dari pantai ini adalah batu yang berbentuk klayar di sebelah timur pantai, selain itu disini ada fenomena semburan yang sangat jarang ada di pantai-pantai lain di Jawa. Semburan ini berasal dari ombak yang melewati bawah karang dan tersembur melalui lubang kecil. Sungguh fenomena yang sangat menarik. Berikut foto-foto narsis kami: hehe