Friday, February 18, 2011

Wonderful Sindoro

10 Februari 2011,  Sudah sekitar 8 tahun lamanya tidak menginjakkan kaki di gunung Sindoro ini. Gunung ini memberikan kesan yang cukup mendalam, karena disinilah pertama kali diriku mengenal pendakian gunung.. Ketinggian gunung ini adalah 3153 MDPL, memang tidak terlalu tinggi tapi cukup lumayan untuk pendakian, karena basecamp terletak masih lumayan jauh dari kaki gunungnya....

Basecamp Sindoro-Kledung

Basecamp Sindoro sendiri terletak di Kledung, sangat mudah untuk mencapainya, yaitu dengan menggunakan bus Jurusan Magelang-Wonosobo atau Purwokerto-Semarang yang selanjutnya turun di samping lapangan sepakbola, dari situ tinggal jalan kaki sekitar 100 m... Basecamp yang disediakan cukup nyaman, kita juga bisa memesan makanan dan membeli sayuran di sini... Yang agak sedikit menjadi kekhawatiran para pendaki di gunung Sindoro saat ini adalah semakin tidak amannya gunung, yang dinodai dengan banyak sekali kehilangan barang bawaan yang ditinggal pendaki di dalam tenda di sekitar POS 3, bahkan ketika kami akan memulai pendakian, ada rombongan pendaki yang baru turun dan mereka kehilangan 3 keril beserta isinya.... Semoga saja peristiwa ini tidak terulang lagi, dan mohon pihak terkait bisa mengusutnya....

Sunrise di Pos 3

Gunung Sumbing di waktu Fajar

Gunung Sumbing dari Pos 3

Suasana padang Sabana

Kabut mulai turun

Jalur Pendakian ke puncak

Watu Tlatah

Pendakian kali ini beranggotakan 6 orang, dengan komposisi 4 putra dan 2 putri. Malam itu cuaca sangat cerah, bahkan sepanjang perjalanan kami ditemani bulan dan bintang, sangat berbeda dengan cuaca siang tadi ketika berangkat... Dengan semangat 45 kami berjalan menyusuri jalan ladang  yang telah ditata dengan rapi, jalan batu ini cukup jauh, membelah ladang menuju kaki gunung Sindoro... Di kaki gunung, jalan mulai naik, memasuki kawasan hutan, menaiki beberapa bukit dan sampailah di Pos 3, daerah ini merupakan punggung bukit yang sedikit terlindung pepohonan sehingga sangat ideal untuk mendirikan tenda (ada sekitar 3 tempat yang masing-masing bisa digunakan untuk mendirikan 2 tenda).... Perjalanan dari Basecamp sampai Pos 3 ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dengan jalan yang tidak terlalu menanjak...

Puncak Sindoro

Tenda

Danau di Kawah Sindoro

Kawah Sindoro

Puncak Sindoro

Sunset di Puncak Sindoro

Malam ini kami menghabiskan waktu untuk beristirahat di Pos ini, dan berencana melanjutkan pendakian di keesokan harinya... Tepat jam 8, kami mulai berkemas dan membawa semua peralatan kami untuk naik ke puncak Sindoro, medan setelah Pos 3 lumayan menanjak dan dibutuhkan tenaga ekstra untuk melewatinya...  Setelah melewati hutan lamtoro, kami pun memasuki daerah sabana dan watu Tlatah, perjalanan memang masih cukup panjang untuk mencapai puncak, yaitu masih sekitar 4-5 jam lagi, dan saat itu hujan pun menyambut kami, sehingga ada 2 orang dari kami yang kondisinya tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan... Setelah melewati beberapa bukit (puncak tipuan), akhirnya kami ber-4 bisa mencapai puncak Sindoro.. Puncak gunung Sindoro ini berupa kawah mati dengan danau yang berwana hijau....sangat indah nan dingin... Untuk mencapai kawah mati dan danau, kami harus turun melewati jalan yang curam.... Kawah ini sangat mempesona, sehingga kita ingin berlama-lama di sana, bahkan sempat terbesit pikiran untuk mendirikan tenda dan bermalam disana, karena kondisi yang tidak memungkinkan dan suhu yang sangat dingin sore itu, kamipun memutuskan turun dan kembali ke Pos 3 untuk menjemput teman kami yang berada di bawah. Malam ke-2 kami habiskan di Pos 3, dan baru pagi harinya kami turun ke bawah... End...